Perawatan Rantai Dan Gir Motor

Hallo Gan,,,,,,!!!
Sering kali kita lupa bahkan tak peduli dengan perwatan rantai dan gir motor yang sering kita pakai.Malah terkadang beranggapan bahwa kalau motor masih bisa berjalan bagus,padahal rantai n gir perlu d ganti,kalau begini bisa jadi merugikan kita sendiri saat kita gunakan tiba tiba putus di jalan,dan memebuat rencana kita jd terhalang.Perlunya perawatan rantai n gir yg perlu kita perhatikan memebersihkan,ketegangaan n pelumasan rantai,kalau itu semua bisa kita lakukan maka rantai n gir motor akan bertahan lama dan akan dalam kondisi baik.

Adapun hal-hal yang perlu di perhatikan dalam merawat rantai dan gir motor

* Periksa bagian-bagian rantai secara teliti. Salah satu bagian yang perlu diperiksa adalah bagian pin dan sambungan. Periksalah pin dan sambungan pada rantai, apakah masih baik ato sudah aus….terutama di bagian sambungan rantai, apakah klip pengunci tetap pada posisinya atau tidak.





*  Ukur juga tingkat kekencangan pada rantai. Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari gir nya, apabila terlalu kencang bisa berdampak putus rantai. untuk mengukur tingkat kekencangan rantai bisa dilihat di buku pedoman kendaraan masing – masing.




* Jangan lupa untuk membersihkan rantai dari kotoran ato debu berlebih. Kondisi yang tidak baik, ato penuh dengan kotoran bisa mempengaruhi kinerja motor dan memperpendek umur gir dan rantai tersebut. Cara membersihkannya bisa  dicuci dengan sabun atau minyak tanah.








* Selalu lumasi rantai secara teratur. dengan melumasi rantai secara rutin dapat memperpanjang umur gir dan rantai. Jangan lupa untuk selalu memilih pelumas khusus rantai atau bisa juga dengan melumasi menggunakan oli gardan khusus mobil.

OK Gan,,,,!!!cumi ini aja tips perawatan rantai n gir motor semoga bermanfaat,silahkan mencoba,,,,

1 Response to "Perawatan Rantai Dan Gir Motor"